BebasBanjir2015

Tak Bisa Jamin

Wagub DKI Jakarta, Prijanto: Proyek Banjir Kanal Timur Tak Menjamin Jakarta Bebas Banjir

(24/9/2008 17:10 WIB)

Dony Hermawan – Jakarta, Pembangunan proyek Banjir Kanal Timur (BKT) tidak menjamin Jakarta akan terbebas dari banjir.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto usai melakukan rapat yang membahas soal pengendalian banjir di wilayah Jabodetabek di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (24/9). Turut hadir dalam rapat tersebut Wapres Jusuf Kalla.

Menurut Pri, BKT hanya mampu mengamankan areal seluas 15.000 hektar di wilayah utara Jakarta. Sehingga Wapres menyarankan untuk menggunakan metode pompanisasi guna menyedot genangan air dari 78 titik cekungan di Jakarta.

Menurut Kalla, seperti yang disampaikan Prijanto, metode tersebut tidak akan menghabiskan biaya besar. Karena tidak memerlukan pembuatan waduk, yang perlu biaya besar untuk pembebasan lahannya. (doa)

Sumber: http://www.elshinta.com/v2003a/readnews.htm?id=57738 24/9/2008 17:10 WIB

Wagub DKI Tak Bisa Jamin Jakarta Bebas Banjir

(24 Oktober 2007 – 17:30 wib)

Laporan Reporter Sonora, Ferdi

JAKARTA, SONORA – Wakil Gubernur Jakarta yang baru terpilih, Prijanto, mengaku tidak bisa menjamin wilayah Jakarta tahun ini akan bebas banjir. Menurutnya, selain faktor alam banjir juga dipengaruhi oleh perilaku masyarakat.

“Enggaklah kalau bebas banjir. Nggak berani saya mengatakan itu sebab kalau hujannya memang deras itu bukan banjir. Kalau di Jakarta hujan deras dan saluran macet, itu adalah genangan,” kata Prijanto saat acara gladi bersih Penanggulangan Bencana di Lapangan Irti Silang Monas, hari ini (24/10) di Jakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan genangan yang terjadi di Jakarta lebih banyak disebabkan karena perilaku masyarakat yang kurang peduli lingkungan. “Mengapa terjadi genangan air itu karena selokannya nggak beres, ini karena kelakuan manusianya atau kelompok orang,” papar Prijanto.

Untuk itu ia mengajak warga Jakarta bekerja sama memperbaiki selokan. Prijanto mengaku ia telah mulai melakukan hal itu dengan membersihkan selokan di sekitar rumah dinasnya, di kawasan Menteng, sepanjang 16 meter.

Sementara itu Kamis (25/10) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan melakukan Simulasi Penanggulangan Bencana yang rencananya akan diikuti oleh 3500 satuan, baik dari Pamong Praja, TNI, Polri, dan perwakilan masyarakat. Rangkaian acara akan dilanjutkan Sabtu (27/10) dengan melakukan Gladi Lapangan di sekitar Kali Malang dekat kampus Universitas Borobudur, Jakarta. Ini merupakan bagian dari Pekan Sadar Bencana yang dicanangkan oleh Pemprov DKI.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: