BebasBanjir2015

2025

Pemerintah Targetkan Jakarta Bebas Banjir 2025

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/ Rabu, 29 April 2009

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pemerintah bercita-cita Jakarta tidak banjir pada 2025. Untuk mengatasi banjir di ibukota, sudah dibentuk tim yang terdiri dari berbagai instansi di pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta. Tim ini juga dibantu oleh beberapa ahli dari Belanda.

Direktur Jenderal Direktorat Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Iwan Nursyirwan mengatakan koordinasi antarlembaga dan daerah wajib diperlukan untuk mengatasi banjir. “Kita tahu penyakitnya, kita tahu obatnya, tapi bagaimana agar obat itu bisa dimasukkan untuk mengobati banjir,” kata dia dalam acara workshop Jakarta Flood Management 2 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (29/4).

Kendala utama adalah terbatasnya anggaran. Untuk itu dibutuhkan kemauan politik yang kuat. “Perpres (Peraturan Presiden) mengenai Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Puncak, dan Cianjur) juga sudah ada. Tinggal bagaimana para gubernur mematuhinya,” ujarnya.

Menurut dia, banjir di Jakarta yang semakin meningkat dari tahun ke tahun disebabkan oleh kondisi lingkungan di bagian hulu yang semakin rusak, kapasitas retensi (penyimpanan) dan tampungan air yang berkurang, perubahan iklim yang mengakibatkan debit aliran air semakin besar, serta pembudidayaan lahan di dataran banjir, tidak terpeliharanya sistem drainase, terjadinya permukaan tanah, dan kenaikan muka air laut.

Sehubungan dengan itu, diperlukan visi strategis untuk mengurangi resiko banjir di Jakarta termasuk menyediakan informasi yang akurat berupa peringatan dini, penyediaan peta kejadian banjir, rambu-rambu peringatan banjir dan selanjutnya diperlukan “flood fighting” yaitu penanggulangan banjir dan pemulihan akibat banjir.

Direktur Sungai, Danau, dan Waduk Direktorat Sumber Daya Alam Departemen Pekerjaan Umum Widagdo mengatakan banjir disebabkan segala sesuatu yang terjadi di hulu, tengah, dan hilir baik karena pengaruh alam maupun manusia.

SOFIAN

Jakarta Bebas Banjir 2025

Sumber: Koran Tempo – 30 April 2009: http://digilib-ampl.net/

JAKARTA – Pemerintah mencita-citakan Jakarta aman dari risiko bencana banjir pada 2025. “Kita tahu penyakitnya, kita tahu obatnya, tapi bagaimana agar obat itu bisa dimasukkan untuk mengobati banjir,” kata Direktur Jenderal Direktorat Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Iwan Nursyirwan dalam acara workshop bertema “Jakarta Flood Management 2” kemarin.

Menurut Iwan, demi mewujudkan mimpi membebaskan ibu kota dari genangan air, pemerintah membentuk tim yang terdiri atas berbagai instansi di pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta. Tim itu juga dibantu oleh beberapa ahli dari Belanda. Iwan mengatakan, koordinasi antarlembaga dan daerah wajib diperlukan untuk mengatasi banjir.

Banjir di Jakarta, kata Iwan, kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal itu disebabkan kondisi lingkungan di bagian hulu yang semakin rusak serta kapasitas retensi dan tampungan air yang berkurang. Selain itu, ada perubahan iklim yang mengakibatkan debit aliran air semakin besar dan naiknya permukaan air laut.

Iwan menuturkan, perlu adanya visi strategis untuk menangkal banjir di Jakarta. Antara lain dengan menyediakan informasi yang akurat berupa peringatan dini, penyediaan peta kejadian banjir, rambu-rambu peringatan banjir, dan selanjutnya menjalankan flood fighting atau penanggulangan banjir dan pemulihan akibat banjir.

Direktur Sungai, Danau, dan Waduk Direktorat SDA Departemen Pekerjaan Umum Widagdo menyebutkan beberapa penyebab utama banjir. Antara lain tingginya urbanisasi di daerah perkotaan dan daerah penyangga, perubahan fungsi lahan untuk permukiman dan industri, kurangnya komitmen sistem drainase dan sungai, eksploitasi air tanah secara berlebihan, dan lemahnya pengawasan bangunan terhadap pemanfaatan lahan.SOFIAN

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: