BebasBanjir2015

Jawa Barat

November 2009

Rp 40 M untuk Pengendalian Banjir

Sumber: http://m.pikiran-rakyat.com/ 22 November 2009 

BEKASI, (PRLM).- Menghadapi bencana banjir tahunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menganggarkan Rp 40,7 miliar untuk program pengendalian banjir pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2010. Nantinya, dana ini akan digunakan untuk normalisasi dan penurapan beberapa sungai di Bekasi. Selain normalisasi dan penurapan sungai, anggaran sebesar itu, rencananya akan dilakukan pengerukan beberapa situ yang ada di Bekasi.

“Anggaran tersebut tertera dalam draf Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran (PPAS) tahun 2010 yang saat ini tengah dibahas oleh DPRD. Tentu saja, nantinya, anggaran ini akan digunakan untuk meminimalisir bencana banjir pada 2010 mendatang. Sejumlah program penanggulangan banjir akan digulirkan di 2010 melalui anggaran ini” ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Bekasi, Eliaser Yentji Sunur, di Bekasi, Minggu (22/11).

Menurut Eliaser, pembuatan beberapa tandon air, dan membeli sejumlah pompa air yang akan ditempatkan di sejumlah titik rawan banjir juga menjadi prioritas.”Meski jumlah anggran tersebut tidak sebanyak dana persiapan banjir yang dialokasikan Pemerintah DKI Jakarta, namun kami meminta Pemkot Bekasi bisa mengadakan program yang tepat sasaran untuk mengurangi banjir di Bekasi,” katanya.

Setiap tahun beberapa perumahan yang menjadi langganan banjir di Kota Bekasi adalah perumahan yang berada di sepanjang daerah aliran sungai Kali Bekasi. Di antaranya Perumahan Villa Jatirasa, Pondok Gede Permai, Kemang Ivi Garden, Pondok Mitra Lestari, Jaka Kencana, Margahayu, Duren Jaya, Perumnas III, dan Perumahan Nasio.

Kabid Bina Marga Dinas Bina Marga dan Pekerjaan Umumn Kota Bekasi, Lindon Tampubolon saat dikonfirmasi mengatakan, tahun depan akan difokuskan pada perbaikan infrastruktur. “Pembuatan lahan serapan dan perbaikan drainase akan dilakukan seiring dengan perbaikan infrastruktur jalan,” ucapnya. (A-186/A-147)***

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: