BebasBanjir2015

Makassar

Mabaji, Solusi Atasi Banjir

Sumber: http://www.jpnn.com/  31 Desember 2011 

MAKASSAR – Program Makassar Bebas Banjir (Mabaji) dimulai Sabtu (31/12). Mabaji adalah gerakan warga mengatasi banjir di metropolitan ini. Gerakan Mabaji yang digelar Harian Berita Kota Makassar (BKM) bersama PT Media Fajar, Pemkot Makassar, dan Kodam VII Wirabuana ini mendapat respons luas dari segenap stakeholder. Warga pun tak ragu memberi dukungan. Mulai dari peralatan pembersihan hingga bantuan lainnya.

Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, Wakil Wali Kota Makassar, Supomo Guntur, yakin Mabaji bisa memberi solusi penanganan banjir. Setidaknya, untuk jangka pendek. Seperti membuka sumbatan-sumbatan di drainase sehingga meminimalisasi genangan.

“Program ini sangat bagus dan merupakan salah satu solusi penanganan genangan maupun banjir di Kota Makassar pada musim hujan seperti ini,” ungkap Ilham Areif Sirajuddin.

Ilham mengajak agar warga lain memberi dukungan terhadap gerakan tersebut. Sebab, kata dia, efek dari Mabaji akan dirasakan seluruh lapisan warga Makassar.

“Program Mabaji ini sangat baik, mengurangi titik genangan melalui perbaikan saluran dan pengerukan sedimen. Dan tentunya diharapkan peran aktif masyarakat untuk ikut berpartisipasi,” kata Ilham.

Selain itu, Ilham juga berharap agar program ini tidak hanya beruapa kegiatan yang bersifat sementara. Namun mesti berkesinambungan hingga masalah genangan banjir dapat teratasi.

Sementara Supomo Guntur mengatakan, gerakan Makassar Bebas Banjir akan memberikan motivasi dalam menumbuhkan kesadaran warga agar peduli terhadap lingkungan. “Mabaji ini jadi cikal bakal lahirnya ide dan gagasan serta langkah-langkah penanganan masalah genangan atupun banjir di Makassar yang lebih baik. Saya hanya berharap agar gerakan ini tak semata seperti angin lalu. Namun mesti dibarengi keikutsertaan masyarakat. Tanpa kepedulian dan kesadaran warga harapan dan tujuan menciptakan Makassar bebas genangan ataupun banjir sulit terwujudkan,” papar Supomo.

Selain itu, Supomo juga mengatakan, dalam menjaga lingkungan bersih dan terbebas masalah banjir merupakan tanggung jawab bersama. Bukan semata tugas pemerintah atau pihak tertentu. (yun)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: